ETOS KERJA DAN FILOSOFI PASTI TOKCER

Pada awalnya banyak orang yang tersenyum mendengar slogan perusahaan saya yang cukup nyleneh: “pasti tokcer”. Di setiap akhir pertemuan atau rapat, selalu ditutup dengan seruan bersama, sebagai afirmasi positif ke dalam alam bawah sadar, dengan sikap berdiri, seluruh karyawan mengepalkan tangan ke atas sambil berteriak bersama: “Ramuan Pak Oles….Pasti Tokcer.”

Untuk lebih menguatkan kata pasti tokcer tersebut, saya mendaftarkan nama perusahaan yang saya dirikan pada tahun 1997 tersebut dengan nama PT. Karya Pak Oles Tokcer, dan nama Ramuan Pak Oles dan Pasti Tokcer saya patenkan sebagai merek di Dirjen Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual, Depkumham.  Artinya, nama Pak Oles dan Pasti Tokcer adalah nama yang sangat serius bagi saya untuk mengembangkan bisnis saya selanjutnya, di bawah bendera PT. Karya Pak Oles Tokcer, dengan nama Pak Oles, dan slogan pasti Tok Cer.  Seiring dengan perjalanan waktu, secara perlahan namun pasti, nama Pak Oles dan Pasti Tokcer menjadi mantra yang sangat manjur untuk memperkenalkan produk, perusahaan dan juga nama saya sendiri kepada masyarakat.  Kabar buruknya adalah, justru nama saya sendiri yang asli menjadi tengelam, kalah pamor.

Nama PT. Karya Pak Oles Tokcer berarti hasil kerja (karya) dari pak Oles yang bagus dan manjur (tokcer).  Karya berarti hasil kerja pikiran (kreativitas), yang dituangkan dalam karya tangan (bekerja) melalui proses diskusi, komunikasi dan kontemplasi (perenungan).  Karya berarti bekerja. Orang Bali sering bertanya kepada orang yang baru dikenalnya, “Dije mekarya?” dimana bekerja?  Karya bisa berarti sembahyang, berdoa, upacara agama.  Orang Bali selalu menanyakan kepada orang yang sedang berjalan ke pura, atau jika ada kegiatan upacara, sembahyang, “Wenten karya napi?” ada upacara, sembahyang apa?  Karya bisa juga berarti pesta, selamatan, syukuran.  Orang Bali mengundang kerabatnya untuk datang ke pesta pernikahan, selamatan membangun rumah, “tiyang meduwe karya,” saya melangsungkan pesta.  Arti dari karya itu adalah bekerja, berdoa dan berpesta.  Di dalam bekerja itu harus ada doa dan kegembiraan bekerja, ikhlas, tulus dan bahagia.

Tokcer berarti manjur, berjalan dengan baik, lancar.  Mesin yang hidupnya mudah dan lancar disebut tokcer, lawannya adalah ngadat atau modok.  Obat-obatan yang manjur, mantra yang bertuah cepat, atau pemikiran yang bisa menyelesaikan masalah dengan cepat juga disebut tokcer.  Pejantan (manusia dan hewan) yang selalu siap tempur untuk mengawini lawan jenisnya dan bisa memuaskan yang dikawini juga disebut tokcer.  Tokcer memiliki banyak arti, yang berhubungan dengan kelancaran, kemanjuran dan kondisi prima.  Tokcer adalah bahasa pergaulan, yang mudah dimengerti secara informal.  Kata tokcer sering diawali dengan kata pasti tokcer, yang merupakan satu kesatuan kata untuk menguatkan kata tokcer.  Kata tokcer juga berhubungan dengan mengacungkan jempol, yang berarti bagus.  Saat orang berfoto, dia mengacungkan jempolnya sambil berkata: “pasti tokcer.”

Perjalanan 25 tahun PT. Karya Pak Oles Tokcer semakin menguatkan identitas nama perusahaan lokal Bali dengan nama sederhana yang memiliki filosofi unik dan mudah dimengerti sebagai sebuah karya (kerja) dari Pak Oles yang manjur.  Semoga bermanfaat untuk membangun industri kreatif dengan berlandaskan budaya lokal menuju global. Salam Tokcer.

 

Tinggalkan Balasan