You are currently viewing Contoh Pemimpin yang Memberi Contoh Itu Bapak Saya

Contoh Pemimpin yang Memberi Contoh Itu Bapak Saya

Oleh: Dr. Gede Ngurah Wididana *)

Puluhan buku tentang kepemimpinan yang memberi contoh sudah saya baca. Dalam buku itu juga tertulis ratusan pemimpin yang memberi contoh, dengan praktik dan teori kepemimpinan yang memberi contoh, dan terus terang saya sudah lupa namanya siapa.

Dalam buku-buku tersebut ada satu kalimat kunci yang patut diresapi.  ‘’Jadilah pemimpin yang memberi contoh, lead by example, karena dengan memberi contoh, pemimpin dengan mudah menjelaskan apa yang pemimpin ingin dilakukan oleh pengikutnya’’.

Pemimpin itu ibarat bintang timur yang paling bersinar terang, sehingga dia menjadi contoh, menjadi kiblat pengikutnya untuk diikuti, menjadi panutan. Bintang timur adalah kiblat nelayan agar tidak tersesat di lautan.

Pemimpin yang tidak memberi contoh, akan boros dengan kata-kata petunjuk, arahan dan teori yang tidak dilaksanakannya sendiri, dan kata-kata pemimpin sangat mudah dilupakan, diterbangkan oleh angin lalu, nasihatnya masuk ke telinga kiri, langsung keluar ke telinga kanan. Pengikutnya malas mengikuti petunjuk dan arahan pemimpin yang tidak memberi contoh, karena pemimpinnya tidak memberi contoh.

Bapak saya termasuk orang yang tidak banyak bicara, bahkan tidak suka bicara, dia lebih banyak mendengar dan tersenyum. Pekerjaannya adalah berkebun, membaca dan meditasi.

Hidupnya sederhana, mampu menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi dan memberikan aset anak-anaknya sebagai warisan. Dia tidak banyak bicara tentang kepemimpinan, tapi dia berhasil mencetak pemimpin-pemimpin baru, regenerasi kepemimpinan yaitu anak-anaknya menjadi pemimpin, karena dia adalah pemimpin yang memberi contoh.

Terlalu banyak saya membaca buku tentang pemimpin yang memberi contoh, mencari contoh yang berada di luar yang namanya mudah saya lupa. Saat saya melihat aktivitasnya yang sudah menua, dia pensiun, dia tetap memberi contoh melalui kerjanya sehari-hari, dengan hidupnya yang damai, sederhana, memiliki prinsip yang teguh, rajin, tekun, bersemangat, dia tetap berkebun dalam pot, membaca, meditasi dan selalu mencintai dan melayani ibu yang juga sedang bersamanya menua.

Saya tersadar, bahwa dialah pemimpin yang memberi contoh, yang memberikan contoh kepemimpinan kepada anak-anaknya, dan juga kepada orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya. Bapak saya adalah contoh pemimpin yang memberi contoh, contoh yang sangat dekat, yang tidak tertulis di dalam buku-buku kepemimpinan, tapi namanya sangat melekat kuat dan sangat mudah diingat.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group

linktr.ee/pakolescom

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan